Rabu, 10 Oktober 2018

Struktur Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) PT. Aqua Golden Mississipi Tbk

Berikut ini adalah uraian pekerjaan berdasarkan struktur organisasi :
1.        RUPS
           Bertindak sebagai pemilik modal yang mempunyai wewenang tertinggi dalam perusahaan dan bertugas mengangkat dan meminta pertanggungjawaban direksi
2.        Dewan Komisaris
           Dewan komisaris adalah sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direktur Perseroan Terbatas (PT). Berikut ini adalah tugas yang dikerjakan dewan komisaris, yaitu :
  • Melakukan pengawasan atas jalannya usaha PT dan memberikan nasihat kepada direktur
  • Kewenangan khusus dewan komisaris, bahwa dewan komisaris dapat diamanatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur berhalangan atau dalam keadaan tertentu
3.        Direktur utama
           Tugas utama Direktur utama adalah memimpin dan mengelola perseroan sesuai dengan tujuan perseroan dan memanfaatkan, mempertahankan dan mengelola asset perseroan demi kepentingan bisnis. Berikut ini adalah beberapa tugas yang dilakukan Direktur Utama adalah:
  • Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan
  • Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
  • Menyetujui anggaran tahunan perusahaan
  • Menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan

4.        Direktur Keuangan     
           Berikut ini adalah beberapa tugas dan wewenang yang dilakukan oleh direktur keuangan yaitu:
  • Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
  • Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  • Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
  • Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya
  • Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan
5.        Direktur Pemasaran
           Berikut ini adalah beberapa tugas dan wewenang yang dilakukan oleh Direktur Pemasaran yaitu :
  • Menentukan harga jual, produk yang akan dilaunching, jadwal kunjungan serta system promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan
  • Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal
  • Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
  • Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan
  • Menganalisa dan memberikan arah pengembangan design & warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar
  • Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
  • Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal.
6.        Direktur Personalia
           Berikut ini adalah beberapa tugas dan wewenang yang dilakukan oleh Direktur Personalia yaitu :
  • Merencanakan perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen. 
  • Mengatur kegiatan yang berhubungan dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan berdisiplin.
  • Menampung dan mencari keluhan karyawan.
  • Mengatur dan merencanakan training untuk peningkatan ketrampilan karyawan.
  • Bertanggungjawab terhadap disiplin kerja karyawan.
7.        Direktur Produksi
           Berikut ini adalah beberapa tugas dan wewenang yang dilakukan oleh Direktur Personalia yaitu :
  • Mengendalikan semua proses produksi perusahaan.
  • Mengontrol jalannya proses produksi.
  • Bertanggung jawab atas hasil produksi.

Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar